Manfaat daun jeruk nipis untuk kesehatan

Kapur (Citrus aurantifolia) sudah lama dikenal sebagai tanaman manfaat yang kaya. Buahnya memiliki rasa pahit, asam dan sedikit dingin, namun manfaatnya sangat beragam.

Jus lemon bisa digunakan sebagai bumbu masakan, minuman, soda, asam sitrat, dan pembersih karat pada logam dan kulit kotor. Ini juga bisa menjadi perpaduan antara obat herbal.

Sebagai ramuan alami, lemon efektif menghilangkan penyumbatan energi vital, obat batuk, peluk sputum (mukolitik), peluruh urin (diuretik) dan keringat, dan membantu proses pencernaan.


Kapur mengandung limonene dan linalool fly oil, serta flavonoid, seperti poncirin, hesperidin, rhoifolin dan naringin. Kandungan buah matang adalah synephrine dan N-methylthyramine, selain asam sitrat, kalsium, fosfor, zat besi dan vitamin A, B1 dan sitrat C. Asam mampu mencegah kekambuhan pascaoperasi pada pasien dengan batu ginjal.

Hj. Sarah Kriswanti, dukun yang tinggal di Bandung, dan Dr. Setiawan Dalimartha dari Hiptri (Obat Tradisional dan Asosiasi Akupunktur Indonesia), memberikan saran bagaimana menggunakan kapur sebagai obat herbal yang membantu penyembuhan penyakit.

1. Wasir

Sampai 10 gram akar lemon yang dicuci, lalu direbus dengan 1 liter air selama 1/2 jam, lalu saring. Minum panas 3 kali sehari.

2. Tonsil

Kulit 3 kapur dicuci, dipotong-potong, lalu direbus dengan 2 gelas air sampai tersisa air 3/4, ketegangan. Airnya digunakan untuk membilas. Lakukan 3-4 kali sehari.

3. Anyang-anyangan

Dua lemon dicuci, diperas lalu diberi cukup gula batu dan 1 cangkir air panas. Aduk rata, minum sekali sehari.

Batuk
Kapur dicuci bersih, dicampur dengan 1 sdt. Dari madu dan sedikit garam, campur dengan baik lalu disaring. Minum 2-3 kali sehari. Atau jeruk nipis di samping sepotong batu gula dan aduk sampai tercampur, minum 1 hari sampai mereka sembuh.

5. Batuk dengan Influenza

Potong kapur matang dan cukup banyak air, lalu peras. Cuci air dengan 60 cc air panas. Tambahkan 1/2 sendok teh air kapur sirih sambil diaduk rata. Minum minuman ini 2 kali sehari 2 sendok makan.

6. Bau badan

Metode 1:
Potong lemon yang cukup besar menjadi 2 bagian, oleskan irisan dengan whiting tipis. Oleskan ke ketiak setelah mandi. Biarkan selama 5 menit, lalu bilas, lalukan setiap pagi dan sore.
Metode 2:
Beberapa untaian (10) sampai daun muda dari kapur halus, ditumbuk menjadi Pulung kecil seperti pil, makan tiga kali sehari.

7. Batu Ginjal

Dua butir jus lemon diencerkan dengan 2 gelas air hangat, minum setelah makan malam. Lakukan setiap hari selama 10 hari.

8. difteri

Dua kapur dicuci, airnya kencang. Tuangkan 1 cangkir air panas, ditambah 1 sendok makan madu. Ini digunakan untuk berkumur selama dua menit saat sedang panas, dan diminum. Lakukan tiga kali sehari.

9. flu atau demam

Metode 1:
Jus lemon dicuci dan diperas, ditambah dengan 3 bawang merah yang telah dihancurkan dan 1 sendok makan minyak kelapa. Oleskan ke dahi pasien.
Metode 2:
Satu lemon panggang, potong dan diperas, tambahkan 1 sendok makan madu. Minum sekali.

10. Haid tidak teratur

Tiga sendok jus lemon ditambah 1 sendok makan madu dan 2 cangkir campuran air panas secara merata. Minumlah selagi sedang panas. Lakukan 3 kali sehari

11. Setelah Melahirkan

Sendok berudu ditambah 2 sendok makan minyak kayu putih dan jus lemon 2 orang utuh, aduk sampai halus, lalu bernoda di perut. Lakukan selama 3 bulan setiap hari setelah mandi, jadi perut untuk mencegah keriput, tetap lembut dan rata dengan cara biasa.

12. Jerawat

Kapur dipotong dan kemudian digosok di kulit.
Dua jeruk nipis dipotong menjadi tiga bagian, dioleskan ke kulit kepala sampai tercampur. Bungkus kepala dengan handuk semalam, sampo keesokan harinya. Lakukan tiga kali seminggu.

14. melebatkan oleh

Satu kuning telur ayam dikocok dengan air jeruk nipis 3 butir telur. Gosok di kulit kepala, pijat pijat secara menyeluruh, biarkan selama 2 jam lalu bilas dengan sampo jerami sehingga rambut menjadi lebih cerah dan padat. Sedotan Sampo terbuat dari 1 set jerami, dibakar di arang, bukan abu, direndam dalam air dan tinggalkan dalam semalam. Stres, dan jerami siap sampo sampo.

15. Berhenti Merokok

Iris 1 air lemon, asap dan air minum. Lakukan ini beberapa kali dalam sehari.

16. Vertigo

setengah tangan hancur daun jeruk nipis. Tambahkan 1 sdm jus lemon. Gosokkan pada leher, bait dan dahi. Lakukan dua kali sehari.

17. Sakit tenggorokan

Potong 3 buah jeruk nipis matang, lalu kencangkan. Tuangkan jus air mendidih dengan setengah cangkir air panas, tambahkan 1 sendok makan madu, aduk rata. Sambil hangat, gunakan Ramun ini untuk berkumur selama 2-3 menit. Lakukan tiga kali sehari.

baca juga: dokter khitan pekanbaru

18. Lendir di tenggorokan

Potong 2 buah lemon, peras air dalam gelas. Tambahkan sedikit garam, lalu aduk hingga rata. Ramuan ini bisa diminum saat perut kosong.

19. kurap atau Panu

Cuci 1 akar landep genggam (Barleria Prionitis L.) secara menyeluruh, lalu bubur halus. Tambahkan jus 1 lemon, aduk. Oleskan tinea pada kulit atau tinea versicolor yang terkena, lalu dibungkus dengan kain kasa. Ganti perban 2 kali sehari sampai sembuh.

Demam 20. / Panas Saat Malaria
Sediakan 3 daun jeruk nipis dan daun Kendal (Cordia obliqua Willd.) (Blumea balsamifera L.), dan 5 daun ayapana triplinervis (Eupatorium triplinerve Vahl.). Rebus ramuan ini dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring. Saringan udara terbagi menjadi dua, diambil di pagi hari dan malam hari.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tarian Tradisional berpasangan dari Bali

19 Tarian Tradisional Dari Jawa Barat

Tari Tradisional kalimantan berpasangan