Manfaat Madu Untuk Kesehatan

Siapa yang tidak terbiasa dengan ramuan alami ini? Ya, madu adalah salah satu bahan alami yang dihasilkan oleh alam, bahkan disebut-sebut sebagai bahan alami terbaik dalam perawatannya.

Madu adalah cairan cokelat keemasan yang merupakan koleksi nektar tanaman yang telah dicampur dengan air liur atau air liur lebah dan kemudian disimpan di sarangnya. Madu terdiri dari glukosa, fruktosa dan air. Selain itu, madu juga mengandung beberapa senyawa nutrisi lainnya seperti protein, vitamin dan mineral, termasuk niasin, kalsium, tembaga, riboflavin, besi, magnesium, potasium dan seng.


Tak hanya itu, madu juga mengandung flavonoid dan asam fenolik yang bisa berperan sebagai senyawa antioksidan.

Manfaat segudang madu untuk diketahui
Madu sebagai salah satu bahan alami yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat madu yang harus Anda ketahui:

1. Meredakan batuk

Batuk merupakan masalah pada sistem pernafasan yang dapat mempengaruhi semua anak dan orang dewasa dan bisa sangat mengganggu penderitanya.

Madu mengandung senyawa aktif antibakteri dan antiviral yang bisa meringankan batuk. Sebuah studi oleh para ilmuwan di Penn State College of Medicine dan partisipasi 105 anak berusia 2 sampai 8 tahun melaporkan bahwa madu dapat mengatasi masalah batuk pada anak-anak yang menderita infeksi saluran pernafasan bagian atas jika diberikan selama tujuh hari berturut-turut.

Efek madu mirip dengan efek obat batuk yang mengandung dekstrometorfan. Saat batuk, konsumsi satu atau dua sendok makan madu sebelum tidur dan setelah bangun tidur.

2. Hapus Jerawat

Masalah kulit ini sering membuat kita menyebalkan karena menyebabkan kulit wajah menjadi kasar dan terkadang menghilangkan yang pertama yang sulit dikeluarkan.

Jerawat terjadi karena infeksi bakteri dan akumulasi sel kulit mati di pori-pori yang menyebabkan peradangan dan benjolan merah di wajah. Madu mengandung senyawa antibakteri yang bisa membunuh bakteri P.acne yang menyebabkan jerawat sekaligus mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit.

Cukup oleskan madu secara langsung pada jerawat selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat, lakukan perawatan ini setiap hari.

3. Pencegahan diabetes

Manfaat madu untuk mengobati diabetes
Gambar: diabetestype1symptoms.com
Diabetes adalah penyakit yang banyak dialami orang saat ini dan penyakit ini biasanya disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, terutama pada kasus diabetes tipe 2.

baca juga:  sunat dewasa pekanbaru

Penderita diabetes kehilangan kemampuan mengatur kadar gula darah karena hormon insulin yang tidak berfungsi normal. Mengkonsumsi terlalu banyak makanan manis dan gula bisa menyebabkan diabetes.

Madu mengandung senyawa manis alami yang lebih aman dikonsumsi daripada gula atau sukrosa. Hal ini karena indeks glikemik madu lebih rendah daripada gula lainnya seperti sukrosa, seperti yang disebutkan dalam penelitian oleh Shambaugh dkk., Pada tahun 1990. Indeks glikemik atau GI adalah skala yang menunjukkan tingkat makanan dalam meningkatkan kadar gula darah.

Dengan kata lain, mengganti gula dengan madu bisa mengurangi risiko diabetes dan mengontrol kadar gula darah.

4. Tingkatkan fungsi GI

Dalam sistem pencernaan, ada bakteri baik atau flora normal yang membantu proses pencerna makanan seperti bakteri yang hidup di usus besar.

Tidak hanya kaya nutrisi, madu juga mengandung flora normal atau bakteri baik seperti bifidobacteria dan lactobacilli yang dapat meningkatkan jumlah bakteri baik di saluran pencernaan dan mendukung proses pencernaan di usus besar.

Bakteri ini juga berfungsi untuk melindungi saluran gastrointestinal dari efek buruk bakteri patogen, seperti bakteri penyebab diare, Helycobacter pylori.

5. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Manfaat madu untuk meningkatkan kekebalan tubuh
Banyak penelitian telah menunjukkan efek madu pada sistem kekebalan tubuh.
Madu juga bisa merangsang produksi antibodi yang diperlukan dalam proses penyembuhan di tubuh, ini telah diuji oleh Al-Waili dan Haq dalam penelitian mereka di tahun 2004.

Karena itu, mengkonsumsi madu secara teratur setiap hari bisa meningkatkan stamina dan mempercepat masa penyembuhan.

6. Menyembuhkan luka

Salah satu manfaat madu adalah menyembuhkan luka. Menerapkan madu ke luka bisa mempercepat proses penyembuhan. Madu mengandung enzim oksidase glukosa antiseptik yang mampu mencegah infeksi bakteri pada kulit yang terluka.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tarian Tradisional berpasangan dari Bali

19 Tarian Tradisional Dari Jawa Barat

Tari Tradisional kalimantan berpasangan