Manfaat Sayuran Untuk kesehatan

Sayuran merupakan sumber makanan bergizi yang berasal dari tumbuhan. Sayuran ini memiliki beberapa jenis, namun skema ini terbagi menjadi 8 kelompok, yaitu:


- Sayuran berdaun

- Batang

buah

- Bunga-bunga

Umbi

Umbi penutup

- Biji

Jamur

Sedangkan habitatnya, dikelompokkan menjadi 3 jenis, yaitu: tanah, air tawar, dan air laut. Misalnya, untuk sayuran kita bisa menemukan tanah Sawi, kubis, bayam, brokoli.

Sedangkan untuk air tawar kita bisa melihat selada dan seledri. Belakangan sayuran yang tumbuh di laut kurang dikenal sebagai sayuran, meski sebenarnya banyak digunakan untuk keperluan konsumsi. Misalnya: rumput laut.
Berikut adalah beberapa fakta tentang manfaat kesehatan dari sayuran:

Baca juga: sunat dewasa pekanbaru
1. Sumber serat

Tahukah Anda bahwa manusia membutuhkan serat untuk memiliki sistem pencernaan yang baik. Bayangkan jika tanpa serat, maka kemungkinan banyak makanan tetap menetap di usus dan sulit dicerna. Nah, serat banyak ditemukan pada sayuran. Anda juga harus menemaninya makan buah, untuk manfaat maksimal.

2. Sayuran-Sayuran sebagai sumber vitamin

Sudah jelas bahwa sayuran pasti mengandung vitamin. Beberapa vitamin yang ditemukan antara lain: Vitamin A, B1, B2, C. Semua vitamin sangat dibutuhkan tubuh manusia untuk menjaga kesehatan mata dan daya tahan tubuh.

Kaya kalsium untuk kesehatan tulang dan gigi
Hal ini tidak hanya didapat dari sumber makanan hewani. Ternyata, sayuran juga mengandung banyak kalsium. Contoh bayam yang ditemukan dalam 300 mg / 100 gram. Dan kalsium tertinggi ditemukan di daun moringa mencapai 450 mg.

4. Berisi air

Padahal, kita bisa mendapatkan air hanya dengan minum, tanpa perlu makan sayuran. Tapi air yang terkandung dalam sayuran ini lebih efektif dalam mencegah dehidrasi. Dan kandungan air tertinggi yang ditemukan pada jamur segar mencapai 93,7%.

Sayuran mengandung protein
Bukan rahasia lagi bahwa protein yang berasal dari sayuran atau yang disebut protein tumbuhan sangat penting bagi manusia. Untuk membangun otot dan membangun struktur jaringan seluler menjadi lebih kuat.

6. Miliki kandungan lemak

Bukan hanya hewan yang mengandung lemak. Sayuran juga memiliki lemak. Fungsinya sangat bagus untuk membersihkan kolesterol darah Anda. Lemak tertinggi ditemukan di Taoge dari kedelai, karena mencapai 2% isinya.

7. Fosfor tingkat cukup tinggi

Hal yang sama terjadi pada kalsium. Fosfor juga berfungsi mencegah gigi tulang dan keropos. Sayuran seperti bayam giling ditemukan mengandung fosfor sangat tinggi hingga 500 mg / g.

8. Memiliki tingkat niacin

Niacin Menambahkan Vitamin B3 yang berfungsi untuk melembutkan sirkulasi darah. Dengan Niacin, seseorang akan menyingkirkan penyakit ringan seperti kesemutan. Bahkan berat seperti stroke. Zat niasin ditemukan terutama pada asparagus dan wortel.

9. Suplai Vitamin B Kompleks

Kompleks multivitamin B adalah manfaat yang kompleks. Beberapa jenis vitamin B ditemukan pada jenis kacang polong, seperti: kacang panjang, polong, kacang polong, kacang-kacangan dan putren atau jagung kecil.

10. Kandungan karbohidrat tinggi

Kita bisa mendapatkan banyak karbohidrat pada sayuran akar seperti bit, wortel dan kentang. Tentu saja, ini sangat bagus dalam program peningkatan gizi nasional. Sehingga penduduk Indonesia tidak terlalu bergantung pada beras sebagai sumber energi.

Dengan demikian, manfaat dan khasiat sayuran untuk kesehatan. Sulit membedakan kelompok kategori tanaman ini dengan buah, daun, umbi dan batang, misalnya. Tapi sayuran adalah istilah yang mengacu pada semua jenis makanan herbal yang sering dijadikan sayuran untuk memasak. Di bawah ini masih banyak manfaat sayuran yang tak kalah pentingnya:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tarian Tradisional berpasangan dari Bali

19 Tarian Tradisional Dari Jawa Barat

Tari Tradisional kalimantan berpasangan